Kaleidoskop 2020

Tak terasa, kini kita berada di penghujung tahun 2020. Selama dua belas bulan, suka dan duka telah ku lalui. Awal tahun lalu, tidak ada target yang begitu spesifik. Saya hanya berharap semoga tahun 2020 lebih baik dari 2019, baik dari segi kedewasaan maupun pencapaian.

Berikut ini saya hanya ingin mengulas kembali kejadian yang saya alami sepanjang tahun 2020. Kisah ini berangkat dari pengalaman studi dan keluarga. Semoga ini bisa menjadi bahan refleksi bagi diri ini agar lebih termotivasi untuk melakukan kebaikan dan lebih berdamai menghadapi hidup yang tidak pasti.

Januari 2020

*Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare, Kediri (9 Januari 2020)

Liburan akhir semester 1 aku memutuskan untuk tidak pulang ke Palu. Mulai dari pertengahan Desember 2019 hingga pertengahan Januari 2020, saya memutuskan untuk mengunjungi Kampung Inggris Pare, Kediri. Aku sudah cukup lama ingin berkunjung ke Pare untuk belajar bahasa Inggris. Namun, aku belum mendapat restu dari kedua orangtua seperti teman-temanku yang lain. Rupanya, rencana Allah begitu ajaib. Sungguh di luar dugaan. Aku ditakdirkan untuk lulus beasiswa LPDP dan melanjutkan studi magister di UM barulah aku punya kesempatan untuk berkunjung ke Pare.

Ini merupakan kali kedua aku melakukan perjalanan sendirian. Aku izin dengan kedua orangtua bahwa aku akan belajar bahasa Inggris guna mempermantap kemampuanku ketika mengikuti konferensi internasional. Alhamdulillah, atas izin Allah, saya melakukan perjalanan ini dengan selamat dari Malang-Pare.

Lembaga kursus Bahasa Inggris di Pare begitu banyak. Namun, pilihan ku jatuh pada Lembaga El-Fast. Pilihan ini berdasarkan hasil penelusuran ku baik via internet maupun testimoni dari teman-temanku yang pernah berkunjung ke sini.

*On Air di Pro 2 FM Malang (30 Januari 2020)

Di penghujung bulan Januari, saya dan Mbak Umi berkesempatan untuk siaran di radio Pro 2 RRI Malang. Sebuah kesempatan yang tidak ku sangka sebelumnya, setelah hampir enam tahun saya off dari dunia penyiaran. Saat itu, kami bertugas untuk mewakili kelurahan LPDP UM sebagai narasumber dalam talk-show seputar kegiatan Klinik Beasiswa yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2020. Dalam acara ini kami dipandu oleh Mbak Iren sebagai salah satu penyiar di Pro 2 RRI Malang.

Februari 2020

*Quality Time bareng Anak Pasca Pendidikan Matematika Offering A 2019 (5 Februari 2020)

Ini merupakan kesempatan pertama kalinya kami duduk bersama di meja makan, tepatnya di restoran Jepang, Saboten Dieng. Alhamdulillah, sebuah kesempatan langka, di mana kami bertiga belas bisa kumpul bersama meskipun hanya dalam durasi singkat kurang lebih dua jam. Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan Tuhan mempertemukan kita kembali. Sukses selalu kawan-kawan.

*Mini Riset di SMPN 1 Dau Kabupaten Malang (29 Februari 2020)

Sebagai mahasiswa yang menempuh studi di bidang pendidikan sudah pasti erat hubungannya dengan sekolah. Hari itu, saya bersama teman kelas, Nikmah berkunjung ke SMP N 1 Dau untuk melakukan mini riset. Kegiatan ini kami lakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah media pembelajaran matematika.

Dalam kegiatan ini, kami berbagi kepada para siswa tentang penggunaan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika. Meskipun perangkat yang kami gunakan terbatas, ternyata antusias dan semangat belajar siswa di SMP N 1 Dau ini begitu luar biasa. 

Maret 2020

*Klinik Beasiswa LPDP  (1 Maret 2020)

1 Maret 2020, aku bersama teman-teman awardee LPDP UM menggelar kegiatan Klinik Beasiswa LPDP. Ini merupakan kesempatan kedua bagi saya, tergabung dalam kegiatan Klinik Beasiswa. Tahun 2019, saya mengikuti Klinik Beasiswa LPDP namun hanya sebagai volunteer dan posisi saya pada saat itu belum berstatus sebagai mahasiswa UM. :D.

Tahun ini saya menjadi bagian dari tim Divisi acara bersama mbak Wika, mbak Anggi, mas Gusti, mbak Ervita, mbak Nina, mbak Nurul, dan mbak Lia.

April-Juli  2020

  • Kembali ke Palu

4 April 2020, saya memutuskan untuk kembali ke Palu setelah mendapat surat edaran dari kampus bahwa pembelajaran di semester dua dilaksanakan secara daring sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Kembalinya saya di rumah merupakan kebahagiaan bagi kedua orangtua saya setelah hampir delapan bulan kami tidak berjumpa.

Akhirnya saya bisa mengawali dan mengakhiri ibadah puasa ramadhan bersama keluarga tahun ini. Bahagia tiada tara di mana tahun ini saya juga bisa merasakan damainya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha bersama Ibu, Bapak dan Adikku. Mengingat tahun lalu saya tidak pulang ke rumah ketika hari Raya Idul Adha.

Agustus 2020

*Join Online Class of Ourdaffodils Kampung Inggris

Setelah menikmati liburan yang cukup panjang, saya kembali menjalani aktivitas secara daring. Di tanggal 10 Agustus 2020 saya kembali bertemu dengan kawan-kawan baru dari berbagai daerah dalam kelas online oleh Lembaga Daffodils, Pare Kampung Inggris. Tujuan saya mengikuti kelas ini adalah persiapan mengikuti konferensi internasional.

Di kelas ini saya kembali terhubung dengan rekan-rekan dari beragam latar belakang yang memiliki semangat dan daya juang yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris, ada mbak Zulfa, Devid, Nisa, Iwan, Kartini, Nita, dan Novia. Di kelas ini kami dimentori oleh Mr. Boy..

*Presenter of 4th International Conference  Mathematics and Science Education (Universitas Negeri Malang)

Sebuah kesempatan yang luar biasa bagi saya bisa mengikuti konferensi internasional (ICOMSE) yang digelar oleh Jurusan FMIPA Universitas Negeri Malang. Keikutsertaan saya dalam kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar saya untuk memenuhi syarat dalam penyelesaian studi. Alhamdulillah melalui kegiatan ini artikel saya akan diterbitkan pada IOP Proceeding yang terindeks scopus. Ini semua berkat bantuan dosen pembimbing saya yang dengan sabar membimbing selama proses penelitian dan penulisan artikel.

Oktober 2020

Presenter of The 2nd International Conference on Science Education and Technology (Universitas Sebelas Maret)

Sebulan setelah mengikuti ICOMSE, saya kembali melanjutkan mini riset terkait dengan pembelajaran daring. Mulanya saya membaca beberapa artikel tentang pemanfaatan media pembelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh. Akhirnya saya tertarik untuk mengambil data awal dan menemukan masalah yang berkaitan dengan persepsi siswa terhadap penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran matematika. Finally, saya daftar artikel dengan judul  tersebut dan presentasi pada tanggal 24 Oktober 2020. Alhamdulillah presentasi berjalan lancar dan tentunya saya masih perlu banyak belajar lagi. Semoga tahun depan bisa kembali mengikuti konferensi internasional di negara lain. Aamiin,.

November 2020

Bulan yang penuh dengan kejutan. Tepatnya 23 November 2020, Bapak saya masuk Rumah Sakit (RS) karena mengalami stroke. Tangan dan kaki sebelah kiri beliau lumpuh, sama sekali tak dapat digerakkan. Tujuh hari saya menangis di perjalanan pulang pergi dari rumah ke RS. Berharap bahwa bapak pasti akan sembuh dan pulang dengan segera. Sebab, bapak masih bisa bicara dan masih berharap bahwa dirinya akan sembuh.

Di luar dugaan saya, ketika saya hampir berada pada titik terakhir penyelesaian studi, Allah memberikan ujian melalui Bapak. Namun, saya meyakini bahwa Allah memberi ujian ini karena saya mampu melewatinya. Bagaimanapun juga, saya harus tetap fokus kuliah. Kendati saya mengerjakan tugas kuliah di masjid kemudian saya kembali ke ruang inap untuk menjaga Bapak.

Takdir Allah, 30 November 2020 sekitar pukul 5 pagi, Bapak menghembuskan nafas terakhir. Tidak menyangka bahwa di akhir Bulan ini, kami merasakan duka dan air mata dari kepergian Bapak secara tiba-tiba. Lagi-lagi saya harus menggenggam kesedihan ini. Hanya doa yang bisa kami panjatkan. Semoga Almarhum Bapak husnul khotimah.. Aamiin yaa robbal’aalamiin..

2020 mengajarkan saya menerima kehidupan yang tidak diharapkan.

2020 mengajarkan saya untuk menjadi manusia yang lebih sabar dan kuat serta tetap bersyukur.

2020 mengajarkan saya bahwa masalah yang ku hadapi sebagai bagian dari pendewasaan diri.

2020 mengajarkan saya untuk optimis untuk menjalani hidup selanjutnya.

Selamat datang tahun 2021. Today is half of my 27 😊

You may also like